Lokakarya Perencanaan Kampung Rambai Berbasis Asset Bersama Yayasan Anak Dusun Papua.

0
153
Tim Yadupa bersama Peserta Lokakarya

YADUPA – Yapen – ( 28-30 Juni 2019) Dalam rangka Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung (RPJMK), Yayasan Anak Dusun Papua  sebagai salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat Adat Papua. Menyelenggarakan Lokakarya Perencanaan Kampung Berbasis Aseet di Kampung Rambai Distrik Yawakukat Kabupaten Kepulauan Yapen. Lokakarya ini  merupakan perencanaan yang dibuat murni oleh masyarakat (bersifat buttom up).

Perencanaan ini dibuat berdasarkan partisipasi masyarakat kampung Rambai seperti aparatur kampung, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, tokoh adat, dan tokoh agama.

Tujuan memfasilitasi masyarakat dalam perencanaan kampung berbasis aset, agar masyarakat menyadari akan kekayaan  alam dan sumber daya manusia  yang adalah modal dalam pembangunan saat ini di kampung.

Untuk menyadarkan dan mendorong masyarakat menghargai  aset (kekayaan) yang dimilikinya, maka Yadupa hadir dengan sebuah pendekatan baru yang disebut pendekatan Apresiatif Inquiry (AI) dan Kekayaan/Aset Dasar Masyarakat atau Asset Base Commnity Development (ABCD).

Lokarkarya Yapen Yadupa
Tim Yadupa bersama Peserta Lokakarya

Selama proses lokakarya hingga selasainya kegiatan tersebut masyarakat dan aparat pemerintah kampung berhasil menyusun rencana mereka berdasarkan dengan potensi sumber daya ada di kampung sesuai dengan rencana pendanaan kampung rambai. Akhir dari pelaksanaan lokakarya tersebut peserta juga menyampaikan penilaian mereka seperti yang disampaikan oleh Bapak Yakob Numberi (Anggota BMK Kampung Rambai), “kami mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi bersama kami Masyarakat Kampung Rambai dalam Program Membangun Kampung kita kedepan”.Tuturnya.


Dengan Berjalannya lokakarya ini, maka terbentuknya Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung (RPJMK) Kampung Rambai Distrik Yawakukat Kabupaten Kepulauan Yapen .



Sumber : https://anakdusunpapua.blogspot.com/2019/10/lokakarya-perencanaan-kampung-rambai.html?spref=fb

*Penulis :  Max Wayeni ( Koor. COMDEV Yadupa)
#Admin : Yadupa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here