PELATIHAN KEMAMPUAN FASILITASI BAGI STAFF LAPANGAN DAN MOTIVATOR KAMPUNG

0
89

Yayasan Anak Dusun Papua (Yadupa) Pentingnya pelatihan kemampuan fasilitasi bagi staf Yadupa Pusat, Yadupa Cabang dan motivator kampung agar dapat meningkatkan kapasitas staf Yadupa dan motivator kampung agar dapat terlibat aktif dalam memfasilitasi proses “Rencana Pengembangan Kampung” dan mendampingi masyarakat adat Papua dikampung dalam mengimplementasikan “Rencana Pengembangan Kampung” yang berbasis pada asset mereka yang tersedia di Kampung. Untuk maksud tersebut YADUPA mengadakan pelatihan kemampuan fasilitasi bagi staff Yadupa dan motivator kampung pada tanggal 28-30 April 2023 di Hotel Asana Jayapura Kota.

Peserta kegiatan berasal dari 3 (tiga) kabupaten, yaitu Kabupaten Sarmi, Distrik Bonggo Timur 6 (orang) yang berasal dari dua kampung dampingan, yakni Kampung Mawesday 3 orang dan Kampung Kapitiau 3 orang. Kabupaten Paniai 6 orang, dari Distrik Wege Bino Kampung Dei 3 orang dan Distrik Paniai Timur Kampung Timida 3 orang. Demikian juga dari Kabupaten Raja Ampat Distrik Meosmansar Kampung Arborek 3 orang, dan Distrik Kofiau Kampung Tolobi 3 orang serta 1 orang coordinator program di Raja Ampat. Pelatihan ini diikuti juga oleh Koordinator YADUPA Cabang Yalimo dan Staf Yadupa Pusat 3 orang, dan dengan satu orang fasilitator dan dua narasumber.

Direktur Eksekutif YADUPA, dalam sambutannya mengatakan, ”tidak akan ada orang yang dapat menolong kita, kalau kita sendiri tidak bangkit dan bekerja lebih giat untuk menolong diri kita sendiri”. Selanjutnya direktur menjelaskan, bahwa YADUPA telah menetapkan dua program prioritas, yaitu Pengembangan Masyarakat dan Pengambangan Generasi Muda Papua.

Salah satu tujuan konkrit dari program pengembangan masyarakat adalah agar masyarakat adat sadar tentang situasinya saat ini dan bangkit dari keterpurukan serta melakukan kerja-kerja kongkrit untuk pengembangan kampungnya dan kesejahteraan mereka sendiri. Karena itu peserta pelatihan diharapkan menjadi ujung tombak dalam membantu memfasilitasi masyarakat dikampungnya masing-masing untuk menemukan aset mereka miliki dan mengelolanya secara mandiri untuk kesejahteraan mereka.

Direktur juga berharap, dari tiga kegiatan pelatihan, yakni pelatihan Pelatihan Pengembangan Masyarakat Berbasis Aset (Assets-Based Community Development-ABCD) yang sudah dilakukan di akhir Maret 2023, dan pelatihan kemampuan fasilitasi yang dilaksanakan sekarang serta pelatihan kemampuan wawancara apresiatif yang berlangsung kemudian pada tanggal 1 dan 2 Mei 2023, kiranya dapat dikontribusikan sebagai bagian dari perayaan usia 20 Tahun YADUPA pada 23 April 2023 yang lalu,  kiranya terus eksis dan berkarya bagi masyarakat adat di Tanah Papua.

Diakhir sambutan, Direktur Eksekutif YADUPA bersama dua orang Koordinator Program yaitu Engelberth Dimara dan Wehelmina Morin dengan memohon pertolongan Tuhan dan penyertaan nenek moyang, menabuh tifa secara bersama sebagai tanda membuka pelatihan secara resmi. (29/04/2023: Admin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here